Bahasa Inggris

, by Unknown

Hari ini kami semua melakukan penghapalan tatacara mengambil uang di mesin atm atau tata cara membuat email. Tapi menghapal yang satu ini bukan menghapal biasa, pasalnya kami menghapalnya menggunakan bahasa inggris yang harus di sebutkan dengan jelas. Dan karena menghapalnya dalam bahasa inggris saya tidak begitu bisa, hanya ada beberapa teman saya yang naik melakukan penghapalan dan mereka yang naik cukup berani karna walaupun berbicaranya terbata-bata alias tidak jelak apa yang mereka katakan.

Pada akhirnya saya berusaha menghapalnya, tapi sepertinya saya tidak bisa tenang menghapal jika tidak mengganggu seseorang dulu karena biasanya tangan saya itu adalah tangan yang begitu usil, oleh karena itu saya berjalan menuju tempat teman saya yang bisa saya ganggu tapi sepertinya pada saat ini bukan time-ing yang tepat maka saya hanya duduk terdiam hingga bel istirahat pun berbunya dan pada akhirnya saya tidak naik menghapal.

0 komentar:

Posting Komentar

Klinik SPMI Bantu Tingkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi

, by Unknown

Edupost.id – Klinik Sistem Penjaminan Mutu Internal (Klinik SPMI) merupakan program yang membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Program tersebut milik Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Potret mutu pendidikan tinggi di Indonesia masih menunjukkan disparitas kualitas yang besar.

“Dalam upaya mempercepat peningkatan mutu perguruan tinggi, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan mengimplementasikan program inovatif, yaitu Klinik SPMI,” tulis Humas Ristekdikti dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

Klinik SPMI, lanjutnya, merupakan layanan untuk masyarakat (khususnya entitas perguruan tinggi) agar lebih memahami SPMI dan SPM-Dikti, serta yang lebih penting lagi adalah meningkatkan kesadaran untuk membangun budaya mutu. Klinik SPMI memberikan layanan informasi berupa FAQ (Frequently Asked Questions) melalui sarana online maupun off line dan interaktif tentang bagaimana membangun budaya mutu di perguruan tinggi, serta memberikan usulan solusi yang efektif terhadap segala tantangan yang dihadapi dalam mengakarkan budaya mutu pendidikan tinggi.
Sementara itu Direktur Jenderal, Intan Ahmad, mengungkapkan dengan mengemukakan data-data dari BAN-PT hingga akhir Juni 2016, bahwa Perguruan Tinggi di Indonesia yang terakreditasi A hanya berjumlah 26 dari 4300 Institusi Pendidikan Tinggi. Sedangkan, untuk Akreditasi Program Studi (Prodi), yang terakreditasi A sebanyak 2.101 dan B sebanyak 8.363, serta yang masih terakreditasi C sebanyak 7830 dari 23.800 program studi.

Hal serupa juga disampaikan Direktur Penjaminan Mutu, Aris Junaidi, program strategis Kementerian Ristekdikti sebagai upaya penjaminan mutu pendidikan tinggi setelah terbitnya Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Peraturan ini kemudian diperkuat dengan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, serta dipertajam melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM-Dikti).

“SPM-Dikti terdiri dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI dikembangkan oleh perguruan tinggi, sedangkan SPME atau Akreditasi dikembangkan oleh BAN-PT dan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) melalui akreditasi perguruan tinggi dan program studi,” jelasnya.



Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Indonesia

, by Unknown

Hari ini pada tanggal 05 Agustus 2016, materi yang kami pelajari adalah menyimak cerita yang didengarkan. Selama menyimak cerita yang di dengarkan kami semua tidak di perbolehkan ribut dan hanya menjawab pertanyaan yang sudah di tulis minggu lalu. Setelah menyimak cerita yang didengarkan kamipun menjawab pertanyaan yang belum terjawab pada saat sesi menyimak cerita tadi, kemudian setelah selesai kami diberikan penilaian oleh guru yang mengajar. Dan saatnya bel istirahat berbunyi yang artinya jam pelajaran Bahasa Indonesia pun selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Lulusan SMK Seni Punya Peluang Kerja yang Luas

, by Unknown

Edupost.id, Bantul – Lulusan SMK bidang seni memiliki prospek yang tidak kalah bagus dibandingkan dengan SMK bidang lain, seperti teknik maupun yang lainnya. Selain dapat menekuni profesi sebagai seniman profesional, lulusan SMK seni juga berpeluang bekerja di berbagai institusi maupun lembaga tertentu. Demikian yang disampaikan Kepala SMKN 1 Kasihan Bantul, Sunardi.

Sekolah yang dikenal juga dengan SMKI Yogyakarta ini, menurut Nardi, memiliki banyak alumni yang sudah mampu mandiri dengan bekal ilmu seni yang dimiliki. Salah seorang alumni bahkan telah bekerja di sebuah rumah sakit di Kanada. Kemampuannya dalam memainkan musik gamelan dimaanfaatkan oleh pihak rumah sakit untuk memberikan terapi bagi pasien yang menderita sakit parah dengan alunan musik.
“Salah satu alumni sekolah ini bahkan ada yang bekerja di sebuah rumah sakit di Kanada. Kerjanya hanya memainkan rebab dan gender di ruang untuk paaien yang sakitnya berat,” ujar kepala SMK bidang seni tradisi itu kepada Edupost.id.
Selain itu, banyak pula alumni di sekolahnya yang telah sukses menjadi artis profesional. Salah satu alumni kebanggaan SMKI adalah Soimah Poncowati yang kini telah banyak mucul di layar kaca televisi.
Keduanya menjadi gambaran betapa besarnya peluang kerja lulusan SMK seni, khususnya seni tradisi. Bahkan, kata Nardi, banyak pula siswanya yang telah mampu bekerja sebelum lulus. Kemampuan siswa SMKI dalam bidang karawitan, tari, teater, maupun pedalangan mulai banyak dilirik sebelum mereka lulus. Karena itu, tidak jarang siswa SMKI mampu membiayai sekolahnya dengan mandiri.
Hal ini, masih menurut Nardi, tidak terlepas dari upaya pihak sekolah yang memberikan bekal maksimal kepada siswanya. Pihak sekolah menargetkan, seluruh siswanya mampu memiliki skill yang baik di bidang seni tradisi. Untuk itu, sistem pembelajaran yang baik diberikan kepada si
swa.
“Misalnya untuk Karawitan, di kelas X harus lancar dalam memainkan gamelan sendiri – sendiri. Jadi dari yang mendasar harus dikuasai siswa,” imbuh Nardi.
Oleh karenanya, Nardi berharap masyarakat tidak perlu khawatir dengan prospek lulusan SMK seni seperti SMKI. Lulusan SMK seni juga memiliki peluang kerja yang luas asalkan bersungguh – sungguh menimba ilmu untuk mengejar kompetensi yang baik.



Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar

Administrasi Server

, by Unknown

Pada hari ini saya, teman dan guru Mapel Mulok sedang membahas blog beserta perjanjian yang telah kami buat, yaitu sebuah denda yang tidak melakukan Posting diblog masing-masing dan yang memiliki kekurangan di Blog. Pada saat itu kami melakukan perhitungan berapa hasil yang akan didapatkan pada denda minggu kemarin yang tidak melakukan postingan, ternyata hasil yang didapatkan lumanyan banyak sebenarnya bukan lumanyan tapi sudah luar biasa banyak.

Ternyata bukan hanya saya yang malas, tapi masih banyak yang lebih malas dari saya. mungkin mereka memiliki faktor tertentu sehingga terjadilah seperti itu. Dan yang paling menakjubkannya hanya ada satu orang saja yang tidak kena denda karena hal tersebut dia mendapatkan sebuah hadiah yang hanya dia seorang yang mendapatkannya.

Semoga saja saya bisa lebih baik di minggu kedapannya lagi. Tapi sepertinya saya kurang yakin pada diri saya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

My Story

, by Unknown

Pada hari ini Saya dan teman teman ingin melakukan olahraga dan kami pun menunggu guru kami yang ternyata guru kami yang mengajar Mapel Penjas sedeng sibuk-sibuknya mempersiapkan diri untuk berangkat ke tanah suci atau mekah, karena kami pun tidak berolahraga banyak dari teman saya hanya tinggal dikelas duduk-duduk saja dan termasuk saya juga. Hanya Teman Laki-laki kami yang berolahraga bermain futsal bersama ,tidak lama kemuadian mereka yang bermain futsal kembali kekelas dengan badan yang lagi penuh keringa.

Pada saat itu mungkin saya sedang tertidur karna bosan entah apa yang ingin dilakukan. Tetapi karena mereka tiba-tiba datang dengan suara yang begitu mengganggu sehingga tidur saya yang mungkin saja begitu lelap tiba-tiba tidak enak lagi diakibatkan suara bising yang dikeluar kan teman-teman saya.

0 komentar:

Posting Komentar

PKN

, by Unknown

Pada awalnya kami mengira bahwa guru PKN tidak masuk lagi hari ini seperti biasanya ternyata tidak seperti dugaan yang ku kira. Dan hari ini kami hanya melakukan pembagian kelompok untuk membahas materi-materi yang ada di dalam buku, tidak melakukan apapun selain hanya duduk didalam kelas menunggu bel jam pulang berbunyi.

Pembagian kelompok hari ini saya dan teman kelompok ku mendapatkan materi Bab 3 yaitu " Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi "

0 komentar:

Posting Komentar

Matematika

, by Unknown

MEDIAN (ME)
Median adalah nilai tengah dari data yang telah disusun berurutan mulai dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar. Secara matematis median dilambangkan dengan Me yang dapat dicari dengan cara sebagai berikut.
 




Median untuk jumlah data (n) ganjil


Median untuk jumlah data (n) genap


Keterangan:
Me = Median
n = jumlah data
x = nilai data

Contoh 1:
Lima orang anak menghitung jumlah kelereng yang dimilikinya, dari hasil penghitungan mereka diketahui jumlah kelereng mereka adalah sebagai berikut.

5, 6, 7, 3, 2

Median dari jumlah kelereng tersebut adalah?

Jawab:
Karena jumlah data adalah ganjil, maka penghitungan median menggunakan rumus median untuk data ganjil. Proses penghitungannya adalah sebagai berikut.


Dari rumus matematis di atas, diperoleh bahwa median adalah x3. Untuk mengetahui x3, maka data harus diurutkan terlebih dahulu. Hasil pengurutan data adalah sebagai berikut.

2, 3, 5, 6, 7

Dari hasil pengurutan dapat kita ketahui mediannya (x3) adalah 5.

Contoh 2:
Sepuluh orang siswa dijadikan sampel dan dihitung tinggi badannya. Hasil pengukuran tinggi badan kesepuluh siswa tersebut adalah sebagai berikut.

172, 167, 180, 171, 169, 160, 175, 173, 170, 165

Hitunglah median dari data tinggi badan siswa!

Jawab:
Karena jumlah data genap, maka penghitungan median menggunakan rumus median untuk data genap. Proses penghitungannya adalah sebagai berikut.

penghitungan median data genap

Untuk melanjutkan penghitungan, kita harus terlebih dahulu mengetahui nilai x5 dan x6. Kedua nilai data tersebut dapat diperoleh dengan mengurutkan semua data. Hasil pengurutan adalah sebagai berikut.

160, 165, 167, 169, 170, 171, 172, 173, 175, 180

Dari pengurutan tersebut diperoleh nilai x5 sama dengan 170 dan x6 sama dengan 171. Dengan demikian penghitungan median dapat dilanjutkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Agama Islam

, by Unknown

1. Hukum Qalqalah (ﻗﻠﻘﻠﻪ) yaitu bacaan pada huruf-huruf qalqalah dengan bunyi seakan-akan berdetik atau memantul. Huruf qalqalah ada lima yaitu qaf (ق), tha (ط), ba’ (ب), jim (ج), dan dal (د). Qalqalah terbagi menjadi dua jenis:

– Qalqalah kecil yaitu jika salah satu dari huruf qalqalah itu berbaris mati dan baris matinya adlh asli karena harakat sukun dan bukan karena waqaf.
Contoh: ﻴَﻄْﻤَﻌُﻮﻥَ, ﻴَﺪْﻋُﻮﻥَ

– Qalqalah besar yaitu jika salah satu dari huruf qalqalah itu dimatikan karena waqaf atau berhenti. Dlm keadaan ini, qalqalah dilakukan apabila bacaan di waqafkan tetapi tdk di qalqalahkan apabila bacaan diteruskan.
Contoh: ٱﻟْﻔَﻟَﻖِ, ﻋَﻟَﻖٍ

2. Idgham Bighunnah mempunyai arti (dilebur dengan disertai dengung) Yaitu memasukkan atau meleburkan salah satu huruf nun mati atau tanwin (ـًـٍـٌ / نْ) kedalam huruf sesudahnya dgn disertai (ber)dengung, jika bertemu dgn salah satu huruf empat ini  yaitu: ن م و ي
Contoh: مُّمَدَّدَةٍ عَمَدٍ فِيْ

Idgham Bilaghunnah mempunyai arti (dilebur tanpa dengung) Yaitu memasukkan atau meleburkan huruf nun mati atau tanwin (ـًـٍـٌ / نْ)kedalam huruf sesudahnya tanpa disertai dengung, jika bertemu dgn salah satu huruf lam atau ra (ر، ل)
Contoh:  لَمْ مَنْ
Pengecualian
Jika nun mati atau tanwin bertemu dgn keenam huruf idgam tersebut tetapi ditemukan di dlm satu kata, conohnya  بُنْيَانٌ, اَدُّنْيَا, قِنْوَانٌ, dan صِنْوَانٌ, maka nun mati atau tanwin tersebut harus dibaca jelas.
 

0 komentar:

Posting Komentar